Chitato Print ad
Petanda dan penanda
- Penanda : Chitato dipegang di belakang punggung.
- Petanda : menyembunyikannya.
- Penanda : orang yang mencoba melirik-lirik
- Petanda : penasaran.
Icon
- Icon berupa foto keripik kentang pada kemasan, yang menggambarkan isi si kemasannya.
- Icon berupa ilustrasi botol garam pada kemasan, yang menggambarkan rasa asin si keripik kentang di dalam kemasan.
Symbol
- Logo Chitato yang menggambarkan citra prodak makanan Chitato.
- Warna biru yang menyimbolkan trendy
Indeks
- Seorang pria berkacamata melirik” penasaran, karena pria yang satunya menyembunyikan seuatu yang akan menjadi daya tarik pria berkacamata tersebut.
- Tulisan "Rasa Asli" yang menjelaskan prodak tersebut rasa kentang asli.
- Tulisan "Makanan Ringan" yang menjelaskan jenis prodak makanannya.
- Lafadz Halal pada logo halal di kemasan tersebut yang menjelaskan prodak tersebut halal
- Headline "potato chip" menjelaskan isi dalam kemasan prodak tersebut.
Sosiologi
Gender : Pria
Usia :
untuk kalangan usia remaja awal (12tahun-15tahun) sampai remaja akhir
(18-21tahun)
Pekerjaan :
rata-rata kalangan usia remaja awal hingga remaja akhir yaitu pelajar,
mahasiswa, dan buruh(kebanyakan remaja akhir).
Kelas
sosial : dilihat dari tampilan iklan, prodak tersebut diperuntukan untuk kelas
sosial lower middle hingga upper middle.
Mood dalam Print ad
Warna
dikarenakan Target audience prodak Chitato adalah kalangan remaja akhir yang memiliki pemikiran rasa ingin selalu tampil trendy, maka dalam
print ad tersebut didominasi warna biru yang memberikan kesan cool dan trendy
yang sesuai dengan kalangan target audience prodaknya.
Typeface
Typeface/typography yang digunakan pada print ad tersebut pada tulisan “I don’t give a chip!”
memiliki bentuk karakteristik yang modern. Bisa dilihat dalam bentuk huruf yang tegas dan kokoh tanpa adanya serif. Karakter huruf modern dimasukan dalam print ad ini dimaksudkan karena kalangan remaja sekarang berada pada era serba canggih yang dimana para remaja sekarang mayoritas memiliki dan menggunakan gadget, smartphone dan perangkat canggih lainnya sudah menjadi trend maka diterapkanlah bentuk karakter modern pada kata-kata headline yang menyangkutpautkan kepada karakter target audiencenya. Sedangkan pada tagline Chitato “Life is
never flat” memiliki kesan tulisan yang bebas, trendy dan gaul karena ukuran, bentuk dan ketebalan hurufnya tak beraturan . Begitu juga dengan
logotype Chitato yang memiliki ketebalan huruf yang tidak menentu dan bentuk huruf yang tidak beraturan . Cenderung memberikan kesan bebas.
Ilustrasi
Pada print ad tersebut terlihat seorang sedang menyembunyikan Chitato yang
memungkinkan karena tidak mau ada seorangpun yang memintai Chitato itu dan
sampai-sampai seorang pria lainnya melirik-lirik penasaran apa yang sedang ia
sembunyikan itu. Pesan pada print ad ini menceritakan begitu nikmatnya Chitato
hingga tidak rela dimintai oleh seseorang pun.
Copy
Headline
pada print ad tersebut adalah “I don’t give a chip” yang artinya kurang lebih
“aku tidak akan memberikan satu chip (Chitato) pun”. Makna dari headline
tersebut mengartikan betapa enaknya chitato tersebut sehingga hanya ingin
menikmati Chitato sendiri dan tidak ingin dibagi-bagi.
Tagline
Chitato yaitu “Life is never flat” yang menjelaskan “hidup itu tidak datar”, hidup
penuh liku-liku.




checked
BalasHapus